PASAR DALAM PEREKONOMIAN

STRUKTUR PASAR BARANG
1.        Pasar persaingan sempurna
Stuktur pasar persaingan sempurna akan terjadi jika produsen secara individual di pasar tidak mampu mempengaruhi harga. Para produsen hanya bertindak sebagai penerima harga.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
a.       Jumlah penjual dan pembeli banyak
b.      Produk yang dijual bersifat homogen
c.       Perusahaan atau penjual bebas untuk keluar masuk pasar
d.      Penjual dan pembeli memiliki pengertian sempurna tentang pasar
e.       Distribusi produk relatif lancar


Kebaikan pasar persaingan sempurna
a.    Dengan biaya yang tidak terlalu tinggi penjual bebas membuka dan menutup usahanya.
b.   Barang yang tersedia dipasar banyak sehingga pembeli bebas memilih barang yang akan               dibeli
c.   Penjual dan pembeli mencapai kepuasan maksimal karena harga terbentuk dari tawar-                   menawar kedua belah pihak
d.   Informasi sempurna yang diperoleh produsen dan konsumen mengakibatkan tidak ada                   pesaing yang tinggi.
e.    Harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun

Kekurangan pasar persaingan sempurna
a.       Penjual memperoleh keuntungan yang rekatif kecil karena penjual hanya sebagai penerima           harga
b.      Pasar persaingan sempurna hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal.


2.     Pasar monopoli
Monopoli merupakan bentuk struktur pasar yang hanya memiliki satu penjual yang menguasai perdagangan barang atau jasa sehingga pembeli tidak dapat menemukan pedagang yang lainnya
Faktor yang menyebabkan monopoli
a.       Sumber daya merupakan bahan mentah dikuasai oleh satu perusahaan
b.   Peme rintah memberikan ha eklusif kepada sebuah perusahaan untuk memproduksi dan menjual barang tertentu

Ciri-ciri pasar monopoli
a.       Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
b.      Tidaka ada perusahaan yang dapat membuat barang pengganti yang sempurna
c.       Rintangan cukup kuat untuk masuk kepasar monopoli
d.      Pembli tidak memiliki pilihan lain dalam membeli barang
e.       Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan
f.       Harga ditentukan oleh perusahaan

Kebaikan pasar monopoli
a.  Keuntungan penjual cukup tinggi karena tidak ada pesaing
b.  Penguasaan atas produk yang menguasai hajat hidup orang banyak biasanya diatur pemerintah

Keburukan pasar monopoli
a.       Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang lain
b.      Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan
c.      Terjadi eksploitasi oleh monopolis terhadap pembeli

3.    Pasar persaingan  monopolistik
Pasar persaingan monopoloistik adalah suatu pasar yang terdapat lebih dari satu produsen.
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik
a.     Terdapat banyak penjual tetapi tidak sebanyak dalam persaingan sempurna
b.    Jumlah perusahaan sangat kecil dibandingkan dengan output total
c.     Barang yang diperjual belikan terdapat diferensi
d.    Produsen dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
e. Tingkat kesulitan untuk masuk kepasar persaingan monopolistik jauh lebih sulit dibandingkanpasar persaingan sempurna
f.       Terdapat persaingan yang ketat dalam kualitas produk dan iklan.

Kebaikan pasar persaingan monopolistik
a.     Penjual tidak sebanyak di pasar persaingan sempurna
b.    Adanya pasar monopolistik memacu kreatifitas produsen karena harga sangat dipengaruhi oleh diferensi produk
c.    Pembeli cenderung setia dan percaya pada satu produk yang dikenalnya

Keburukan pasar persaingan monopolistik
a.   Untuk masuk kepasar monopolistik membutuhkan biaya yang banyak karena membeutuhkan riset dan pengembangan produk
b. Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi oleh produk yang dikenal masyarakat.

4.    Pasar oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri dari beberapa penjual yang saling bersaing untuk memperebutkan jumlah pembeli yang banyak.

Ciri-ciri pasar oligopoli
a.       Hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar
b.  Ada produsen yang menawarkan barng serupa, namun adapula produsen yang menawarkan barang yang berbeda.
c.     Terdapat rintangna yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli karena investasinya yang tinggi
d.      Persaingan melalui iklan sangat kuat.

      Kebaikan pasar oligopoli
    a.    Hanya terdapat sedikit penjual karena dibutuhkan investasi yang besar untuk masuk pasar
    b.   Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dlam tingkat tertentu
    c.    Apabila terjadi perang harga, konsumen akan diuntungkan

Keburukan pasar oligopoli
a.      Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli karena  investasinya tinggi
b.     Terjadinya perang harga karena penjual yang satu berusaha mengalahkan penjual yang lainnya
c.      Produsen dapat melakukan kerjasama yang pada akhirnya akan merugikan konsumen

PASAR INPUT
1.    Pasar uang
Fungsi pasar uang adalah sebagai sarana alternatif khususnya bagi lembaga-lembaga keungan, perusahaan-perusahaan nonkeuangan dan peserta lainnya untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendeknya ataupun untuk menempatkan dana atas kelebihan keungannya.
Sumber dana pasar uang
a.       Dana yang berasal dari masyarakat umum
b.      Kelebihan uang kas BUMN
c.       Dana dari bank-bank pemerintah swasta
d.      Dana dari perusahaan-perusahaan
e.       Dana dari lembaga keuangan bukan bank

Di indonesia dana dan surat berharga yang diperdagangkan di pasar uang antara lain sebagai berikut
a.       Sertifikat bank indonesia
b.      Surat berharga pasar uang
c.       Sertifikat deposito
d.      Caal money
e.       Kertas-kertas perbendaharaan negara
f.       Repurchase agreement
g.      Bankers acceptance
h.      Promes
i.        Obligasi pemerintah

Risiko investasi dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut:
a.       Risiko pasar
b.      Risiko gagal bayar
c.       Risiko inflasi
d.      Risisko valuta

2.    Pasar modal
Pasar modal merupakan tempat dan dan investasi jangka panjang diperdagangkan, seperti obligasi saham atau sekuritas jangka panjang lainnya.
Dalam rangka mengurangi resiko dalam menanamkan uangnya dipasar modal, investor perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.  Surat berharga yang dibeli harus tercantum pada daftar resmi yang dikeluarkanoleh bursa efek indonesia
b.   Makelar atau komisioner yang ditunjuk harus menjadi anggota bursa efek indonesia

Beberapa faktor dengan adanya pasar modal antara lain sebagai berikut:
a.    Menyediakan sumber pembayaran jangka panjang bagi dunia usaha sekaligus memungkinkan aloksi sumber dana secara optimal
b.      Menyebarkan kepemilikan perusahaan sampai lapisan masyarakat menengah
c.       Memberikan kesempatan memiliki perusahaan yang sehat
d.      Membina iklim keterbukaan bagi dunia usaha serta memberikan kontrol sosial
e.       Mengelolah perusahaan secara terbuka dan mendorong pemanfaatan manajemen profesional

3.    Pasar tenaga kerja
Pelaku-pelaku  di pasar tenaga kerja antara lain sebagai berikut:
a.    Pengusaha yang mencari tenaga kerja
b.   Pencari kerja
c. Perantara yang memberikan kemudahan bagi pengusaha dan pencari kerja untuk saling berhubungan.

Beberapa kebaikan dengan adanya pasar tenaga kerja antara lain sebagai berikut:
a.      Memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan, baik didalam negeri maupun diluar negeri
b.      Membantu untuk mengisi posisi pekerjaan dengan tenaga kerja yang dipersyaratkan
c.       Membantu mengurangi pengangguran
d.      Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Beberapa keburukan pasar tenaga kerja antara lain sebagai berikut:
a.  Munculnya kegiatan pencaloan tenaga kerja dan penyalur tenaga kerja ilegal sehingga menimbulkan kasus yang merugikan calon tenaga kerja.
b.      Munculnya tindakan kekerasan, penipuan, dan pelecehan terhadap calon tenaga kerja.



yang sudah mengerjakan